Kota Bengkulu Zona Orange, Proses KBM Dilakukan dari Rumah

Wakil Walikota Kota Bengkulu, Dedy Wahyudi.
Wakil Walikota Kota Bengkulu, Dedy Wahyudi.

Potret Raflesia – Berdasarkan surat Edaran Walikota 420/919/I.D.DIK/2020, Tahun Ajaran Baru 2020/2021 dimulai pada tanggal 13 Juli, dalam surat edaran tersebut ditegaskan bahwa Sekolah Negeri maupun Swasta di Kota Bengkulu dilarang melakukan pertemuan Tatap Muka dan proses Pembelajaran/Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tetap dilaksanakan dengan cara Belajar Dari Rumah (BDR) menggunakan media belajar jarak jauh seperti zoom metting, google clasroom atau study club dan akan dikoordiniir langsung oleh Dinas Pendidikan dan Dinas Kominfosan Kota Bengkulu.

Keputusan tersebut diambil mengingat hingga saat ini Kota Bengkulu masih berada di zona orange penyebaran Covid-19. Surat edaran ini dijelaskan oleh Dedy Wahyudi Wakil Walikota Kota Bengkulu. Dedy juga mengatakan sudah menerima laporan dari pihak Sekolah yang tetap melaksanakan tatap muka, bahwa kegiatan tersebut hanya satu hari dan berupa Pengenalan Lingkungan Sekolah sekaligus mengenalkan Sistem Belajar Dari Rumah kepada Siswa Baru.

“Edaran Pak Wali sudah jelas sebenarnya ya, Pak Wali sudah buat surat edaran, bahwa per 13 Juli sudah masuk terhitung tahun ajaran baru, bukan berarti ini masuk sekolahnya, tapi masuk tahun ajaran baru. Kalaupun hari ini ada yang masuk, menurut pengakuan pihak sekolah, hari ini mereka hanya menyampaikan sistem belajar jarak jauh”. ujar Dedy Wahyudi. (13/7)

Perihal adanya sekolah swasta yang masih melakukan tatap muka, Dedy meminta agar pihak yayasan segera mengevaluasi lagi kebijakan tersebut. Mengingat Kota Bengkulu saat ini masih tinggi tingkat penyebaran virus corona, Dedy berharap agar pihak yayasan mengedepankan keselamatan dalam melakukan pengambilan kebijakan serta mengingatkan bahwa penanganan Pandemi Covid-19 ini merupakan tanggung jawab bersama, apalagi permasalahan ini menyangkut masa depan anak-anak di Kota Bengkulu.

“Kami pastikan besok tidak lagi sekolah melakukan tatap muka. tetapi memang ada beberapa sekolah swasta yang berkeinginan untuk tetap melakukan tatap muka. Nah ini nanti dari gugus tugas akan lakukan pendekatan. Karena ini persoalan keselamatan nyawa manusia, kalau nanti sudah terjadi kita menyesal. Kota Bengkulu saat ini belum zona hijau tapi masih zona orange, kami mohon untuk pihak sekolah ini demi keselamatan manusia, ini persoalan anak kita, yang harus kita selamatkan”, tutupnya. (SHT)