Provinsi Bengkulu Siap Pilkada Serentak pada Desember 2020

 
Rapat Pembahasan Tinjak Lanjut bersama Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, KPU serta Bawaslu terkait Tahapan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota secara virtual meeting.
Rapat Pembahasan Tinjak Lanjut bersama Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, KPU serta Bawaslu terkait Tahapan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota secara virtual meeting.
 
Potret Raflesia – Provinsi Bengkulu siap untuk melaksanakan Pemilihan Umum yang akan dilaksanakan pada Bulan Desember mendatang. Hal ini di sampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri saat Rapat Pembahasan Tinjak Lanjut bersama Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, KPU serta Bawaslu terkait Tahapan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, Selasa (2/6) melalui Virtual Meeting.
 
“Provinsi Bengkulu menyatakan siap dan seluruhnya akan kami siapkan untuk melaksanakan Pemilu di Bulan Desember 2020 ini, di samping ada hibah kepada KPU dan Bawaslu, kami juga telah mempersiapkan hibah untuk biaya pengamanan ini akan kami tindak lanjuti dalam waktu dekat”, papar Hamka Sabri.
 
Hamka juga menjelaskan bahwa Pemda Provinsi Bengkulu tidak melakukan refocusing dan relokasi untuk anggran Pilkada, sehingga dana Pilkada yang telah dianggarkan tetap utuh di dalam APBD dan dialokasikan sesuai ketentuan yang berlaku.
 
“Pemprov Bengkulu sesuai dengan petunjuk telah merealisasikan masing-masing baik ke Bawaslu maupun ke KPU lebih kurang 40 persen telah kami alokasikan di tahun 2020 ini”, jelas Hamka Sabri.
 
Tahapan Pemilu direncanakan akan dimulai tanggal 15 Juni mendatang. Untuk diketahui, Pilkada 2020 akan digelar di 270 wilayah di Indonesia. 270 wilayah ini meliputi 9 Provinsi, 224 Kabupaten dan 37 Kota.
 
Semula pemungutan suara Pilkada akan digelar pada 23 September. Namun, akibat wabah Covid-19, tahapan Pilkada sempat ditunda, hingga akhirnya ditetapkan menjadi tanggal 9 Desember. (Su41/MC)