150 Peserta Ikuti Festival Layang-layang

Bupati Kepahiang, Hidayatullah Sjahid, membuka secara resmi festival layang-layang.
Bupati Kepahiang, Hidayatullah Sjahid, membuka festival layang-layang.

Potret Rafflesia – Bupati Kabupaten Kepahiang, Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM membuka festival layang-layang pada hari Sabtu(12/5). Festival layang-layang yang dilaksanakan di Jl. Aipda Mu’an, Kepahiang itu penuh sesak oleh penonton dan para perserta yang sudah siap dengan layang-layang mereka. Pembukaan ini juga dihadiri Ketua DPRD Kepahiang H. Badarudin dan anggota DPRD Hariyanto.

Baca juga: KPL Gelar Festival Layang-layang…

Dalam sambutannya Bupati mengatakan kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang sangat positif, kegiatan yang bisa ikut memperkenalkan Kepahiang. Karena banyak sekali peserta dari luar daerah yang ikut.

“Saya mendukung kegiatan serupa ini, dan jika bisa kegiatan seperti ini dijadikan kegiatan rutin tahunan”, kata Bupati.

Festival ini dimotori oleh anggota DPRD Kepahiang, Edwar Samsi, S.Ip  MM, yang akan digelar hari ini sampai besok (12-13 Mei 2018).

Kepada potretrafflesia.com Edwar mengatakan,banyaknya peserta festival layang-layang ini, karena festival ini pertama kali digelar di Kepahiang. Festival ini terbuka dan diikuti seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu.

Festiva layang-layang ini menampilkan 3 kategori peserta. Pertama, kategori keindahan dan keunikan layang-layang. Kedua, kategori ukuran layang-layang. Ketiga, kategori sembaran atau ‘pertarungan’ layang-layang.

“Festival layang-layang ini kita laksanakan untuk mendukung program pariwisata daerah. Makanya, festival ini kita laksanakan di areal jalan menuju Pengadilan Negeri Kepahiang di dekat BBI Kelobak. Lokasinya luas, datar dan bebas hambatan. Sehingga, para peserta dapat leluasa menerbangkan layang-layangnya”, papar Edwar Samsi.

6dafbfce-d82b-4279-b98d-67c043ea58e5

Selama ini, lanjut Edwar Samsi, permainan layang-layang hias dalam ukuran besar sudah lama tidak digalakan. Sementara Kepahiang memiliki banyak pengrajin layang-layang.

“Festival layang-layang ini akan menarik untuk ditonton. Terlebih, peserta festival ini berdatangan dari seluruh penjuru dan akan menampilkan aneka jenis dan ukuran layang-layangnya”, ujar Edwar Samsi. (soe)

Artikel Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *