Air Terjun Sengkuang Kepahiang, Objek Wisata Alam Yang Berpotensi

 

Air Terjun Sengkuang Kepahiang.
Air Terjun Sengkuang Kepahiang.

Potret Rafflesia – Jika anda datang ke provinsi Bengkulu anda harus meluangkan waktu untuk menikmati sensasi udara dingin dan hamparan kebun teh Kabawetan Kabupaten Kepahiang, dimana juga ada sebuah air terjun indah di sana, Air Terjun Sengkuang.

Air terjun  yang memiliki ketinggian 25 meter tersebut masih sangat asri dan bersih, kesan alami adalah kesan pertama sekali yang akan kita rasakan.

Jika kita datang pada saat matahari baru saja muncul, ada sensasi kesegaran aliran air yang terjun bebas di sela dua tebing melengkung. Sangat sempurna jika kita nikmatinya sebelum matahari meninggi.

Untuk menuju sampai ke lokasi air terjun sangat indah ini, kita akan melewati hamparan ratusan  hektare  kebun teh, dan jika dari Kota Bengkulu menuju air terjun Sengkuang ini, kita akan menempuh perjalanan lebih kurang sejauh 48 kilometer.

Keluar dari kota Bengkulu anda akan menikmati panorama pegunungan, rangkaian punggung bukit barisan tempat habitat puspa langka Rafflesia Arnoldii dan bunga Kibut (Amorphophalus Titanum) yang selalu mekar. Jalanan dengan medan berliku akan membuat anda bisa memandang jauh ke depan dari ketinggian. 

Saat tiba di Kabupaten Kepahiang, anda akan langsung disambut perkebunan teh di Kecamatan Kabawetan, Kemudian sekitar 5 kilometer perjalanan menuju Desa Mekar Sari atau lebih kurang setengah jam perjalanan santai untuk sekalian menikmati pemandangan hijaunya perkebunan teh yang sudah ada sejak pendudukan belanda di Bengkulu itu dipastikan akan memanjakan mata dan menyegarkan pikiran anda.

Saat tiba di ujung Desa Mekar Sari, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, dengan jalanan menurun yang cukup curam, untuk itu diperlukan kehati-hatian dan menggunakan alas kaki yang pas agar terhindar dari resiko tergelincir.

Namun letih anda akan terobati saat tiba di bawah, disambut gemuruh air terjun dan percikan segar embun yang hadir sensasi kesegaran alami membuat anda akan langsung berniat mandi.

Heri Purnama (38) salah satu pengunjung yang datang bersama keluarga mengatakan, bahwa Air Terjun Sengkuang  ini hanya salah satu dari sekian banyak air terjun yang ada di Kabupaten Kepahiang, namun sayangnya potensi wisata seperti ini belum begitu diprioritaskan pemanfaatannya oleh pemerintah. Padahal ini bisa menjadi salah satu sumber PAD daerah yang potensial, Sabtu (23/6).

“Sebagai salah satu warga Kepahiang saya berharap pemerintah akan lebih memperhatikan potensi wisata yang ada, dengan banyaknya pengunjung yang datang bisa jadi ini akan membuka perekonomian baru bagi masyarakat selain bertani”, ujar Heri.

Air Terjun ini diberi nama Air Terjun Sengkuang lantaran didaerah ini banyak tumbuh pohon Sengkuang. Namun saat ini, sudah sangat sulit menemukan pohon yang kayunya bisa dijadikan bahan korek api tersebut.

Sengkuang juga bisa diartikan sebagai buah Bengkuang yang banyak ditanam di Kecamatan Kabawetan Kepahiang. Wilayah yang dulunya pernah dibanjiri aliran lahar dingin dari Gunung Kaba itu memang dikenal subur dan cocok untuk tanaman Bengkuang.

1b2cb33a-5661-4ba9-90cb-5be820fdaf50

Lokasi yang sedikit jauh dan tersembunyi inilah yang membuat objek wisata yang baru ini belum begitu terkenal. Namun, pemerintah Kabupaten Kepahiang  sudah mulai membenahi infrastruktur, khususnya di jalan menuju Desa Mekar Sari. (Soe)

Artikel Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *