Dampak Pandemi, Perumusan Pembangunan Gunakan Skala Prioritas

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Mukomuko.

Potret Raflesia – Wakil Gubernur Rosjonsyah memastikan bahwa program seluruh Kabupaten selaras dengan program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu 2021-2024. Hal ini disampaikan Rosjonsyah saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Mukomuko Tahun Rencana 2022, Senin (22/3/2021) di Bappelitbangda Kabupaten Mukomuko.

Wagub Rosjonsyah menekankan bahwa infrastruktur baik jalan maupun jembatan akan menjadi prioritas pada pembahasan Musrenbang.

“Akibat dari Covid-19 ini kita banyak keterbatasan, maka kita datang ke sini memastikan biar sedikit ada manfaatnya, untuk Mukomuko. Jadi yang menjadi skala prioritas adalah jalan dan jembatan, jika ini diselesaikan secara bertahap, maka ekonomi masyarakat akan terbantu apalagi di pandemi Covid-19 seperti saat ini”, jelas Wagub Rosjonsyah.

“Jalan Provinsi, itu dari penarik tembus ke Lubuk Pinang itu ada sebagian rusak, padahal itu jalan yang paling penting bagi alternatif, apabila jalur lintas barat terjadi abrasi. Oleh karena itu yang diprioritaskan di Musrembang yaitu infrastruktur jalan dan jembatan ini yang akan coba kita akomodir”, tambahnya.

Selain itu, menurut Rosjonsyah saat ini ada layanan lapor melalui aplikasi sudah tersedia, sehingga masyarakat bisa menyampaikan usulan kepada pemerintah Provinsi Bengkulu secara langsung.

“Cara kerjanya adalah menginput data dari Desa, Kecamatan hingga Kabupaten. Skala prioritasnya akan ‘dibobot’, jadi tidak semua aspirasi masyarakat itu bisa terakomodir karena keterbatasan keuangan daerah. Prioritasnya nanti jika outcome nya memang diperlukan manfaatnya untuk orang banyak tentu akan kita anggarkan di dalam Musrembang”, tutup Rosjonsyah. (Su41/MC)