Warga Talang Saling Tidak Memiliki Pemakaman Umum

Lokasi Lahan pemakaman Umum   Kelurahan Talang Saling yang sudah di pasang pelarangan
Lokasi lahan pemakaman umum Kelurahan Talang Saling yang sudah di pasang papan merek pelarangan

Potret Rafflesia – Inilah nasib warga Kelurahan Talang Saling Kecamatan Seluma, pemakaman umum di Kelurahan ini diklaim oleh Ahli Waris pemilik lahan yang mewakafkan bahwa lahan tersebut bukan wakaf, sehingga tidak ada lagi tempat pemakaman umum warga.

Dari keterangan Ketua RT 4 Kelurahan Talang saling yang juga mantan Kades tahun 2008-2011 Zizwan Efendi, lahan makam yang dahulunya zaman nenek moyang sudah ada sekarang diambil alih oleh ahli waris.

“Puyang kami saja dimakamkan disana, puyang warga Talang Saling yang disebut Puyang ‘Tigo Begading’. Berarti pemakaman tersebut sudah cukup lama kenapa baru sekarang diambil lagi, yang tidak menyuruh lagi itu Dar warga Kelurahan Napal anak dari yang mewakafkan, kemaren ada yang meninggal saja bingung harus dimakamkan kemana, untungnya pihak keluarga bermusyawarah kepada yang melarang dan diperbolehkan tapi untuk selanjutnyab tidak boleh”, Kata Ketua RT4, rabu (11/10).

Dari keterangan Tetua atau Tokoh masyarakat di kelurahan Talang Saling, Ketua RT mengetahui bahwa lahan tersebut sudah diwakafkan untuk pemakaman warga, diwakafkan secara lisan tidak memiliki surat-surat.

“Surat wakaf memang tidak ada karena wakaf memang tidak memakai surat, masalah ini sudah lama, sudah 3 kali saya terima surat dari ahli waris, kalau ada yang ninggal tidak boleh lagi di makam disana, semenjak saya jadi kades 2008/2011”, ujar Pak RT 4.

Ditambahkannya, ahli waris minta supaya tidak dijadikan pemakaman lagi dan akan di tanami sawit.

Ketua RT 4 Kelurahan Talang Saling, Zizwan Efendi.
Ketua RT 4 Kelurahan Talang Saling, Zizwan Efendi.

“Setau saya dulu diwakafkan bapaknya, sudah dilakukan musyawarah, duduk bersama di Kantor Lurah antara perangkat Kelurahan dan Ahli waris, cuma tidak ada solusi, mereka tetap menolak untuk dijadikan makam, walaupun kami mau beli mereka juga tidak mau”, ungkap Zizwan.

Sedangkan kedepannya sudah ada rencana untuk pembelian lahan dengan iuran 50 ribu per Kepala Keluarga namun ada masyarakat yang merasa tidak mampu.

“Kami tidak menyalahkan masyarakat wajar saja ekonomi kita masih kurang, kalau lahan ada yang mau jual tapi tidak ada anggarannya, kami mengharapkan masalah ini ada bantuan dari Pemerintah Daerah” Tutup Zizwan.

Dengan tidak adanya pemakaman umum warga Kelurahan Talang Saling, warga pasti menempatkan makam dilahan mereka sendiri, sedangkan kelurahan ini dipusat Kota Tais, sampai dengan saat ini belum ada solusi dari Lurah Talang Saling. Saat ini lahan tanah makam tersebut sudah dikasih papan merek dilarang menambah makam. (YD)

Artikel Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *